Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang


Selasa, 18 Mei 2021 BPPTKG menerima kunjungan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang. Kunjungan dipimpin oleh Ketua Komisi IV Sukur Akhadi. Bertempat di auditorium BPPTKG, kunjungan kerja ini diterima oleh Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Subkoordinator Gunung Merapi Agus Budi Santoso, Subkoordinator Metode dan Teknologi Nurnaning Aisyah, dan Plt Subkoordinator Tata Usaha Tri Nia Kurniasih.

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan terkait informasi perkembangan kebencanaan dan status aktivitas Gunung Merapi. Pada kesempatan ini, Subkoordinator Gunung Merapi mempresentasikan kondisi aktivitas Gunung Merapi per tanggal 18 Mei 2021. Agus menyatakan bahwa saat ini Merapi mengalami erupsi effusif dengan aktivitas berupa pertumbuhan kubah lava disertai dengan guguran dan awanpanas guguran. 

Terkait dengan potensi bahaya ke arah Magelang, Hanik menyatakan bahwa potensi bahaya saat ini berupa guguran dan awanpanas guguran pada jarak maksimum 3 km dari puncak di alur Kali Gendol, dan 5 km dari puncak di alur Kali Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan erupsi eksplosif masih berpotensi terjadi dengan potensi bahaya radius 3 km dari puncak. "Untuk itu masyarakat Magelang di luar daerah potensi bahaya yang telah ditetapkan masih dapat beraktivitas seperti biasa dengan tenang," imbuhnya. 

Pada kesempatan ini Sukur juga menyatakan apresiasi terhadap pelayanan BPPTKG yang selalu menginfokan aktivitas Gunung Merapi kepada masyarakat. Sukur juga berharap agar kerjasama antara BPPTKG dan pemerintah daerah semakin diperkuat demi antisipasi kebencanaan di masyarakat terutama masyarakat Kabupaten Magelang. Acara ditutup dengan serah terima cindera mata dan foto bersama. 

#BPPTKG
#KunjunganBPPTKG