Kunjungan Kerja Plt. Kepala Badan Geologi ke BPPTKG


Plt. Kepala Badan Geologi Saleh Abdurrahman melakukan kunjungan kerja ke Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) di Yogyakarta pada Jum’at (24/07/2020). Kunjungan ini diterima oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, Kepala BPPTKG Hanik Humaida beserta jajaran pejabat struktural dan fungsional di lingkungan BPPTKG. Kunjungan kali ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko. 

Pada kunjungan ini, Kepala BPPTKG memaparkan kondisi aktivitas Merapi terkini. Hal ini dilakukan mengingat aktivitas Merapi sempat mengalami peningkatan pada beberapa waktu yang lalu. Kepala BPPTKG juga menyampaikan potensi dan skenario bahaya, serta langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi erupsi Gunung Merapi. 

Setelah mendengar paparan tentang aktivitas Merapi, Plt. Kepala Badan Geologi berkenan memberikan sambutan kepada perwakilan pegawai dan pejabat fungsional BPPTKG. Plt. Kepala Badan Geologi mengapresiasi pegawai BPPTKG yang tetap bekerja dan memantau aktivitas Gunung Merapi dengan menerapkan protokol Covid-19. Plt. Kepala Badan Geologi menyatakan bahwa Merapi dapat menjadi tolak ukur pemantauan gunung api di Indonesia karena Gunung Merapi memiliki peralatan monitoring yang paling lengkap.  

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas ESDM Jawa Tengah mengapresiasi kinerja BPPTKG karena informasi aktivitas Gunung Merapi senantiasa disampaikan secara baik dan cukup terpercaya sehingga mampu mendukung pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah mitigasi bencana Gunung Merapi. 

Acara kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi sarana dan prasarana di kantor BPPTKG, seperti ruang eksposisi, ruang monitoring Gunung Merapi, laboratorium instrumentasi, dan laboratorium geokimia batuan. Untuk menutup kunjungan kerja, Plt. Kepala Badan Geologi mengunjungi Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan, Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.