Laporan indeks kepuasan layanan dan persepsi korupsi di BPPTKG


Pemerintah sangat membutuhkan informasi dari unit pelayanan instansi pemerintah secara rutin, guna tersusunnya rekomendasi terkait kajian menuju zona integritas wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani yang akan dijadikan sebagai referensi pengambilan kebijakan untuk mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme, oleh karena itu Pengadilan Negeri Tegal mengadakan survei ini. Survei ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani. Survei ini menanyakan pendapat masyarakat mengenai pengalaman dalam memperoleh pelayanan di BPPTKG, melalui kuesioner. Pelaksanaan survei dan laporannya ini, tentunya masih banyak kekurangan sehingga masih perlu perbaikan-perbaikan ke depan agar lebih baik. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun senantiasa kami terima. Semoga laporan ringkas ini, berguna bagi berbagai pihak, khususnya segenap jajaran pimpinan BPPTKG dan masyarakat pengguna layanan di BPPTKG.

Kesimpulan
1. Dari hasil penyebaran dan pengukuran indeks kepuasan masyarakat bulan januari – Juni 2020 diperoleh nilai IKM sebesar 3,91 dimana masuk kategori sangat baik dalam melakukan pelayanan yang telah dilakukan ini diharapkan dari sini dapat menjadi acuan kita untuk melakukan lebih baik lagi sehingga pelayanan kita menjadi unit yang layananya dianggap penting dan kineja sangat baik ( Kuadran IV) karena kita masih di kuadran III, ini adalah target kita selanjutnya. Sehingga kita harus menyusun treatment bagaimana target BPPTKG kedepan berhasil.
2. Sedangkan Indek Persepsi korupsi memperoleh nilai 3.97 merupakan nilai yang hampir sempurna sehingga dari sini BPPTKG bisa dikatakan bersih dari KKN.

Saran
1. Untuk lebih meningkatkan atau sosialisasi kepada masyarakat tentang layanan BPPTKG.
2. Mensosialisasikan bagaimana kemudahan mengakses layanan BPPTKG
3. Serta SDM atau Petugas layanan kita harus selalu meningkatkan layanan supaya Cepat, Mudah, Transparan, Gratis, Informatif, Efisien , Efektif.

*Hasil laporan indeks kepuasan layanan dan indeks presepsi korupsi dapat diunduh disini