Informasi Pelayanan BPPTKG


1. PELAYANAN INFORMASI TEKNIS
Rekomendasi Mitigasi G. Merapi
Pelayanan rekomendasi aktivitas G. Merapi berupa laporan aktivitas berkala secara formal disampaikan kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota serta instansi terkait di lingkup G. Merapi. Pelayanan informasi secara nonformal disampaikan langsung di kantor BPPTKG, pos – pos pengamatan, dan juga melalui media komunikasi seperti telepon, radio VHF, web, dan media sosial. Pelayanan rekomendasi teknis mitigasi berupa penyampaian rekomendasi pelaksanaan kegiatan dan juga pemanfaatan ruang di kawasan rawan bencana G. Merapi.
 
2. PELAYANAN PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT
WLPB & Sosialisasi
Paradigma penanggulangan bencana saat ini menitikberatkan pada kegiatan mitigasi yang bertujuan mengurangi risiko kerugian jika terjadi bencana. Risiko bencana dapat dikurangi dengan cara meningkatkan kapasitas masyarakat sehingga mampu menghadapi bencana dengan baik. BPPTKG bersama dengan BPBD dan komunitas masyarakat sejak tahun 2008 menyelenggarakan kegiatan pelatihan kebencanaan G. Merapi kepada masyarakat yang bertujuan untuk membentuk masyarakat yang tangguh terhadap bencana yaitu masyarakat yang mampu mengenal ancaman bencana di sekitarnya, memahami system peringatan dini dan mampu meresponnya dengan baik sehingga kerugian jiwa dan harta benda dapat dihindari. Sosialisasi kepada masyarakat juga dilakukan dalam rangka edukasi terkait kebencanaan G. Merapi dan menyampaikan aktivitas terkini G. Merapi.
 
3. PELAYANAN MANAJEMEN KEBENCANAAN GEOLOGI
Sebagai unsur pengarah dalam sistem penanggulangan bencana geologi maka BPPTKG berperan dengan memberikan rekomendasi teknis terkait kebencanaan geologi baik sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana maupun paska terjadi bencana melalui kegiatan penyelidikan kebencanaan geologi, koordinasimaupun sebagai narasumber.
 
4. PELAYANAN LABORATORIUM
Seksi Pengelolaan Laboratorium melayani pengujian meliputi pengujian gas, air, dan batuan beku dengan berbagai parameter. Kegiatan pengujian di Seksi Pengelolaan Laboratorium telah menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium ISO/IEC 17025. BPPTKG merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Badan Geologi yang bertanggung jawab langsung pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sehingga saat ini di lab yang dianalisis adalah sampel internal lingkungan Badan Geologi sedangkan sampel eksternal dapat diterima yang terkait dengan kebencanaan.
 
5. PELAYANAN EDUKASI KEBENCANAAN GEOLOGI
a.      Kunjungan Edukatif
b.      Kerja Praktik dan Tugas Akhir
c.       Permohonan Data
d.      Perpustakaan

6. ALUR DAN SOP LAYANAN BPPTKG
Alur Pelayanan dapat di unduh disini
SOP pelayanan Administrasi Perpustakaan dapat diunduh disini
SOP pelayanan Administrasi Permohonan TA atau Skripsi dapat diunduh disini
SOP pelayanan Administrasi Permohonan Kunjungan dapat diunduh disini
SOP pelayanan Administrasi Dumas dapat diunduh disini
SOP pelayanan Administrasi Dokumen Persuratan dapat diunduh disini