Optimalisasi stasiun pemantau suhu di Kawah Sileri dan Kawah Timbang, Dieng, Jawa Tengah

Tim BPPTKG melakukan optimalisasi stasiun pemantau suhu kawah di Gunung Dieng. Gunung Dieng merupakan salah satu gunungapi aktif di Indonesia yang terletak di Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Gunung ini sangat unik karena bertipe strato dengan banyak lapangan solfatara dan fumarola. BPPTKG turut mendukung PVMBG dalam pemantauan Gunung Dieng dengan memasang peralatan pemantau suhu, diantaranya di Kawah Sileri dan Kawah Timbang. Data dari kedua stasiun lapangan dikirimkan ke Pos PGA Dieng yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dengan menggunakan sistem trasmisi TLR (Telemetri Laju Rendah).  

Gambar 1. Stasiun pemantauan suhu Kawah Sileri

Kawah Sileri merupakan salah satu kawah yang aktif di Dieng, erupsi hampir setiap 3-4 tahun sekali terjadi dengan tipe erupsi adalah freatik. Erupsi freatik teraakhir terjadi pada tahun 2018 lalu. BPPTKG membangun kembali stasiun suhu kawah yang rusak akibat erupsi ini. Stasiun ini berfungsi untuk mengetahui perubahan suhu air kawah menjelang erupsi. Selain itu di Kawah Sileri juga terdapat stasiun seismik. BPPTKG senantiasa melakukan perawatan stasiun seismik dan sistem sensor agar data yang dihasilkan berkualitas baik dan kontinyu.

Gambar 2. Optimalisasi stasiun suhu Kawah Sileri

Berbeda dengan pemantauan suhu air di Kawah Sileri, pemantauan suhu di Kawah Timbang difokuskan pada pemantauan perubahan suhu fumarola. Kawah Timbang ini terkenal dengan letusan gas (terutama gas CO2). Menjelang erupsi, salah satu prekursor yang terjadi adalah perubahan suhu, baik suhu air kawah maupun suhu fumarola. Oleh karena itu, dengan optimalisasi pada kedua stasiun ini diharapkan data dapat kontinyu terkirim ke Pos PGA Dieng sehingga mampu mendukung mitigasi bencana gunungapi Dieng.

Gambar 3. Penggantian sensor suhu kawah Timbang, Dieng