Ignasius Jonan Kunjungi Ruang Pemantauan Gunung Merapi

Jum'at (23/2/18) Menteri ESDM Ignasius Jonan mengawali kunjungan kerjanya di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dengan mengunjungi ruang Monitoring Merapi. Dalam kunjungan ini beliau didampingi oleh Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar, Sekretaris Badan Geologi Antonius Ratdomopurbo, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani serta Kepala BPPTKG I Gusti Made Agung Nandaka. Selain mengunjungi ruang monitoring Merapi, beliau juga menyempatkan untuk mengunjungi laboratorium petrografi dan laboratorium pengembangan metode dan teknologi.

Kunjungan Menteri ESDM Ignasius Jonan ke ruang monitoring Gunung Merapi

Dalam keterangan persnya Ignasius Jonan menyampaikan bahwa modernisasi peralatan teknologi pemantauan aktivitas gunungapi di seluruh Indonesia dilakukan secara bertahap, karena untuk mengupgrade peralatan semua gunungapi yang ada dengan peralatan yang sesuai dengan standar pemantauan membutuhkan anggaran yang besar. Perubahan teknologi pemantauan dari yang mekanis menjadi berbasis jaringan dengan transmisi jarak jauh memudahkan transmisi data, hal ini sudah dilakukan di kantor BPPTKG. Peralatan pemantauan dan analisis data yang baik akan membantu dalam layanan informasi mengenai aktivitas gunungapi, misalnya dari hasil analisa laboratorium batuan kita bisa mengetahui apakah tipe letusan gunungapi efusif atau eksplosif, jelas beliau. Beliau juga mengharapkan produk dan sistem peralatan pemantauan gunungapi yang sudah diterapkan di Gunung Merapi ini dapat diterapkan juga di gunungapi yang aktif di Indonesia seperti Gunung Sinabung dan Gunung Agung.

Ignasius Jonan mendengarkan penjelasan tentang sistem akuisisi data telemetri laju rendah dengan sensor tiltmeter untuk memantau deformasi gunungapi

Karyawan BPPTKG mengambil gambar dengan Menteri ESDM