Rekomendasi Pendakian G. Merapi Dalam Rangka Tahun Baru 2017




Rekomendasi Pendakian G. Merapi Dalam Rangka Tahun Baru 2017
Nomor    : 567/45/BGV.K/2016
Tanggal  : 23 Desember 2016

Sehubungan dengan kegiatan pendakian G. Merapi dalam rangka tahun baru 2017, kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Berdasarkan data pemantauan baik instrumental maupun visual, aktivitas G. Merapi saat ini dalam tingkat Normal.
  2. Tidak ada indikasi akan adanya peningkatan aktivitas yang dapat mengancam keselamatan aktivitas manusia di luar radius 2 km dari puncak.
  3. Pendakian direkomendasikan hanya sampai Pasarbubar (2700 m dpl). Hal ini mengingat kondisi morfologi puncak yang tidak aman untuk beraktivitas dan ancaman bahaya letusan preatik yang masih mungkin terjadi. Resiko kecelakaan semakin besar dengan kepadatan jumlah pendaki yang tinggi.
  4. Para pendaki disarankan untuk selalu mengikuti informasi perkembangan cuaca di sekitar G. Merapi mengingat beberapa hari terakhir sering terjadi badai di G. Merapi dengan kecepatan angin mencapai 62 km/jam yang tidak kondusif untuk pendakian.
  5. Para pendaki diminta untuk tidak melakukan aktivitas apapun  di sekitar stasiun - stasiun pemantauan dalam radius 30 m karena dapat mengganggu kerja sensor pemantauan dalam mendeteksi aktivitas vulkanik G. Merapi.
  6. Para pendaki diharapkan dapat berperan serta dalam menjaga keberlangsungan pemantauan aktivitas vulkanik G. Merapi dengan tidak melakukan vandalisme, perusakan, dan gangguan apapun pada stasiun - stasiun pemantauan. 

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya diucapkan terima kasih.

Kepala BPPTKG



I Gusti Made Agung Nandaka
NIP. 19641227 199303 1 005

download pdf