Laboratorium Geokimia BPPTKG Terakreditasi KAN SNI ISO/IEC 17025:2008

Balai Penyelidikan dan pengembangan teknologi kebencanaaan Geologi merupakan sebuah Unit Pelaksana teknis (UPT) di bawah PVMBG, Badan Geologi, Kementerian ESDM, yang bertugas melaksanakan mitigasi bencana Gunung Merapi, pengembangan metode, teknologi dan informasi, dan pengelolaan laboratorium bencana geologi. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya BPPTKG memiliki sebuah fasilitas laboratorium geokimia, yang dikelola oleh Seksi Pengelolaan Laboratorium.

Laboratorium Geokimia BPPTKG memiliki tiga buah laboratorium, yakni Laboratorium Kimia Gas, Air dan Batuan. Untuk memberikan jaminan mutu terhadap hasil analisis kimia, maka pada tahun 2015 yang lalu Laboratorium Geokimia BPPTKG mengajukan Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 kepada Komite Akreditasi Nasional (KAN). Setelah melakukan proses yang cukup ketat dan panjang, akhirnya pada tanggal 20 April 2016 Laboratorium Geokimia, BPPTKG berhasil memperoleh sertifikat akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 oleh KAN sebagai laboratorium penguji dengan nomer registrasi LP-987-IDN. 

Ruang lingkup pengujian Laboratorium Geokimia BPPTKG yang telah terakreditasi meliputi 8 parameter uji Laboratorium Kimia Air (kadar Cl-, SO42-, DHL, pH, Ca terlarut, Mg terlarut, Na terlarut, dan K terlarut dalam air permukaan) dan 12 parameter uji Laboratorium Batuan (Kadar HD, H2O, SiO2, Al2O3, Fe2O3, CaO, MgO, Na2O, K2O, MnO. TiO2, dan P2O2 dalam batuan).

Telah terimplementasikannya sistem mutu SNI ISO/IEC 17025:2008 ini bukan menjadikan tujuan akhir dari Laboratorium Geokimia BPPTKG, namun merupakan sebuah momentum awal dalam upaya meningkatkan kualitas hasil analisis, pengelolaan, serta sumber daya manusia Laboratorium Geokimia BPPTKG yang pada akhirnya demi memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat luas di Indonesia khususnya dalam bidang informasi kebencanaan geologi.

Gambar sertifikat akreditaasi SNI ISO/IEC 17025:2008 Laboratorium Geokimia, BPPTKG

Gambar ruang lingkup akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 Laboratorium Geokimia BPPTKG


Oleh:
Harry Cahyono