Optimalisasi Stasiun Pemantau Laharan Kali Kuning dan Kali Lamat, Magelang, Jawa Tengah

Kegiatan dilaksanakan oleh tim beranggotakan Heru Suparwaka, Lasiman dan diketuai oleh Raditya Putra. Kegiatan ini dilaksanakan di dua lokasi yaitu stasiun Kali Lamat dan stasiun Kali Kuning.

Optimalisasi Stasiun Curah Hujan Kali Lamat
Di stasiun ini dilakukan perawatan sistem catudaya, pembersihan lokasi stasiun,  pemeriksaan regulator solar panel, pemeriksaan system transmisi radio, pembersihan sensor curah hujan, pembersihan kamera dan perbaikan sistem akuisisi data seismik.

Optimalisasi stasiun pemantau lahar Kali Lamat telah selesai dilaksanakan. Pekerjaan yang dilakukan di stasiun Kali Lamat adalah perawatan  sistem catudaya, pemeriksaan regulator solar panel, pemeriksaan sinyal transmisi radio, pembersihan sensor curah hujan, kalibrasi sensor curah hujan, pembersihan kamera dan penggantian serial to Ethernet. Selain itu juga dilakukan kegiatan membersihkan lingkungan di sekitar stasiun.

Dengan selesainya pekerjaan optimalisasi stasiun pemantau lahar Kali Lamat maka stasiun selalu dalam keadaan baik, data curah hujan, data visual dan data seismic dari stasiun Kali Lamat dapat diterima di stasiun penerima dengan kualitas yang lebih baik.

Gambar 1. (a). Sistem akuisisi data curah hujan masih dalam kondisi baik (b) Proses membersihkan lingkungan sekitar stasiun

Perbaikan dan Perawatan Stasiun Pemantau Laharan Kali Kuning
Di stasiun ini dilakukan perbaikan sistem power, penambahan solar panel,  penambahan regulator solar panel, penggantian IO6, penggantian aki, pemeriksaan sensor curah hujan, penggantian kotak alat  dan  pemeriksaan sistem transmisi radio broadband.

Perbaikan dan perawatan stasiun pemantau lahar Kali Kuning sudah selesai dilaksanakan. Pekerjaan yang dilakukan di stasiun Kali Kuning adalah pemeriksaan sistem power, menambahan solar panel sebanyak 3 unit,  menambah regulator solar panel sebanyak 3 unit, mengganti aki sebanyak 3 unit, mengganti peralatan management power IO6, pemeriksaan sensor curah hujan, mengganti kotak alat dan  memeriksa sistem transmisi radio broadband.

Di stasiun pemantau lahar Kali Kuning, pekerjaan yang dilakukan adalah pemeriksaan sistem power, mengganti aki sebanyak 3 unit, pembersihan solar panel, memeriksa sensor curah hujan dan  pemeriksaan  sistem transmisi. Selain itu juga dilakukan pembersihan rumput yang mengganggu yang berada di sekitar stasiun.

Dari hasil pemeriksaan dan evaluasi pemantauan kinerja peralatan setelah kedua stasiun tersebut diperbaiki, data dari stasiun pemantau lahar Kali Kuning dan dapat terpantau dengan baik di ruang monitoring  kantor BPPTKG.

Gambar 2. (a). Pelepasan kotak alat lama. (b). Pengukuran Tegangan batari yang normal (c). Pengecekan dan pembetulaan Rtu IO06. (d). Kondisi Stasiun Alat setelah dilakukan perawatan.