Optimalisasi EWS Prambanan, Kali Boyong Kalegan dan Seismik Kaliputih 1 Jawa Tengah

Pekerjaan optimalisasi stasiun EWS Prambanan, Kali Boyong Kalegan dan Kali Putih 1 telah selesai dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan di kantor pusat Prambanan adalah melakukan penggantian 2 unit DC converter dan perawatan system catudaya. Dilaksanakan oleh tiga staft BPPTKG yaitu Sulistiyani, Heru Pamungkas dan Lasiman.

Pekerjaan di stasiun Kali Boyong Kalegan adalah menambah 2 unit solar panel, pembersihan kamera dari semut, perawatan system catudaya, system akuisisi data dan system transmisi data. Sedangkan di stasiun Kali Putih 1 pekerjaan yang dilakukan antara lain perawatan system catudaya, system transmisi dan akuisisi data. Saat tim membuka boks peralatan di stasiun ini terdapat banyak semut yang dapat mengganggu kinerja system. Setelah dibersihkan dan ditutup, system dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

Dengan selesainya pekerjaan optimalisasi ini diharapkan data dari stasiun Prambanan, Kali Boyong Kalegan dan Kali Putih 1 dapat diterima dengan baik di kantor BPPTKG, serta ketiga stasiun dapat beroperasi dengan optimal.

Gambar 1. (a). Ketika Dc adapter rusak, Poe sempat dicatu dengan 12VDC (b). Setelah penggantian DC adapter.

Gambar 2. (a). Kondisi boks peralatan di stasiun Kali Boyong Kalegan. (b). Petugas membersihkan kamera. (c) Penambahan solar panel. (d) Solar panel ditempatkan di atas atap untuk memudahkan perawatan.

Gambar 3. (a). Kondisi infrastruktur stasiun Kali Putih 1 masih dalam kondisi baok. (b). Semut masuk hingga ke box system akuisisi. (c) Petugas menghilangkan semut dari dalam boks. (d) Kondisi boks peralatan setelah dibersihkan dari semut.