Optimalisasi Power Mandiri POS PGA Selo dan Stasiun Multiparameter Labuhan

Pekerjaan optimalisasi power mandiri Pos PGA Selo dan stasiun multiparameter Labuhan telah selesai dilaksanakan oleh tiga petugas BPPTKG yaitu Sulistiani, Sunarta dan Wahyu Candra Alam. Pekerjaan di Pos PGA Selo diantaranya memasang 2 unit solar panel 120 Watt dan 2 unit regulator solar panel, mengatur system catudaya agar setiap komponen mendapatkan backup catudaya yang mencukupi. Kedua unit aki Luminous 12 V 100 Ah digunakan untuk membackup catudaya komputer, radio, kamera dan switch. Sedangkan aki GS dan FB Battery digunakan untuk mencatu radio komunikasi (HT). 

Pekerjaan yang dilakukan di stasiun Labuhan antara lain penggantian 3 unit aki, pemasangan boks alat baru, penggantian 5 unit regulator solar panel dan penambahan 1 unit solar panel, pengaturan kabel catudaya, sensor dan transmisi dan pemasangan power menejemen (RTU IO6). Pekerjaan di Labuhan cukup berat karena memindahkan sebagian system dari boks yang ada di bawah ke boks peralatan yang baru. Namun diharapkan dengan pemasangan boks baru, system akan lebih rapi dan teratur sehingga memudahkan dalam optimalisasi atau perbaikan ke depan. 

Dengan selesainya pekerjaan optimalisasi ini diharapkan data dari stasiun Labuhan dapat diterima dengan baik di kantor BPPTKG, serta peralatan pemantauan di Pos PGA Selo dapat beroperasi dengan optimal.

Gambar 1. (a). Kondisi bungker peralatan yang isinya tidak teratur. (b). Tiga unit regulator yang mati karena terkena air. (c) Antenna pemancar radio broadband. (d) Petugas merapikan kabel solar panel. (e) Kondisi boks peralatan setelah dirapikan. (f) Kondisi stasiun setelah dilakukan optimalisasi.

Gambar 2. (a). Proses pemasangan solar panel di atas atap Pos PGA Selo. (b). Proses merapikan ruang monitoring pos. (c) Proses pemasangan baterai dan UPS untuk membackup catudaya. (d) Baterai dan regulator yang sudah terpasang di ruang monitoring.