Instalasi koneksi Babadan-Ngepos dan Kodim Magelang

Kegiatan ini dilakasanakan oleh tiga orang petugas yaitu Sulistiyani, Widi Prasita Widagdo dan Lasiman. Terdiri dari tiga sub kegiatan yaitu:
  1. Pemasangan radio dan antenna sebagai akses point koneksi wireless Pos Ngepos-Pos Babadan
  2. Pemasangan radio dan antenna sebagai klien koneksi wireless Pos Ngepos-Pos Babadan, pointing antenna, memasang switch.
  3. Melakukan setting komputer display data visual di kantor Kodim Magelang

Pekerjaan instalasi koneksi jaringan wireless Pos Ngepos - Pos Babadan dan reinstalasi stasiun display data visual di Kantor Kodim Magelang telah selesai dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan meliputi setting routerboard dan switch untuk ditempatkan di Pos Ngepos dan Pos Babadan. Kemudian dilakukan pemasangan radio dan antenna di Pos Ngepos dan Pos Babadan dan pointing antenna antara kedua pos tersebut untuk mendapatkan nilai sinyal strength yang baik. Selain itu, dipasang switch RB750 yang telah di routing di Pos Babadan untuk menghubungkan jaringan local BPPTKG dengan jaringan yang akan dipakai di kantor Kodim Magelang.

Pekerjaan yang dilakukan di kantor Kodim Magelang adalah melakukan instalasi dan setting software display data Multicam. Untuk backup dilakukan setting pula di browser Mozilla Firefox. Selain itu, dilakukan pelatihan sederhana pengoperasian dan penggunaan software multicam kepada penanggungjawab ruang monitoring Kodim Magelang.

Dengan selesainya pekerjaan instalasi jaringan wireless Pos Ngepos-Pos Babadan, diharapkan koneksi wireless kedua pos ini semakin kuat dan ada backup apabila sewaktu-waktu ada masalah di transmisi data yang ada saat ini. Selain itu, dengan tersedianya monitor data visual di Kantor Kodim Magelang, maka diharapkan semakin banyak aparat yang mengetahui aktivitas Gunung Merapi terkini. Selain itu juga dapat menjadi salah satu bentuk pelayanan public kantor BPPTKG. 

Gambar 1. (a). Petugas melakukan setting routerborad untuk dipasang di tower di Pos Ngepos (b). Petugas memasang antenna dan radio broadband di tower.

Gambar 2. (a). Petugas memasang switch, DC to Dc dan Poe. (b). Pemasangan radio broadband beserta antenna ke arah Pos Ngepos. (c) Hasil pemasangan switch, dc to dc dan Poe. (d) Petugas melakukan setting radio broadband untuk mengoptimalkan koneksi wireless Pos Ngepos – Pos Babadan.


Gambar 3. (a). Petugas sedang memberikan pelatihan singkat mengenai penggunaan software Multicam. (b). Kamera visual pemantauan Gunung Merapi telah dapat dipantau dari kantor Kodim Magelang.