Reinstalasi Display Data Visual di Kantor BPBD Magelang

Kegiatan ini dilakukan untuk memperbaiki display visual yang menampilkan monitoring video dari jaringan CCTV Gunung Merapi milik BPPTKG di kantor BPBD Magelang.

Pada Tahun 2011 pernah dipasang stasiun pemantau data visual di kantor BPBD Magelang, namun karena kantor tersebut pindah lokasi maka peralatan yang ada dilepas dan belum dipasang kembali. Dari hasil survey yang dilakukan pada bulan April 2016, beberapa barang mengalami kerusakan. Pada pekerjaan ini, fokusnya adalah memasang kembali komputer dan monitor pemantau data visual. Untuk transmisi data, akan dilakukan oleh pihak ketiga dari pihak BPBD Magelang.

Kegiatan reinstalasi stasiun display data di Kantor BPBD Magelang telah selesai dilaksanakan. Pekerjaan yang dilakukan meliputi pemasangan monitor dan nettop di ruang piket kantor BPBD Magelang dan inventarisasi barang milik BPPTKG yang pernah terpasang di kantor BPBD lama. Banyak barang yang telah mengalami kerusakan dan tidak bisa diganti dalam waktu dekat. Selain itu, pihak BPBD Magelang telah memiliki rekanan untuk memasang koneksi dari Pos Ngepos ke kantor BPBD Magelang. Oleh karena itu, barang yang rusak dan tidak diperlukan dibawa kembali ke kantor BPPTKG.

Gambar (a). Proses pemasangan monitor di ruang piket kantor BPBD Magelang. (b). Monitor dan nettop dipasang di dinding agar tidak mengganggu kegiatan di ruang piket, selain itu untuk memudahkan petugas dalam memantau aktivitas visual Gunung Merapi. 

Hingga pekerjaan ini selesai dilakukan, proses administrasi untuk pemasangan koneksi dari Pos Ngepos ke kantor BPBD Magelang belum selesai dilakukan. Namun, nettop dan monitor yang terpasang di ruang piket telah siap digunakan apabila koneksi dari Pos Ngepos ke kantor BPBD Magelang telah selesai dipasang.