Perbaikan Stasiun Referensi Seismik dan Tektonik di Imogiri dan Penambahan Solar Panel Stasiun Repeater Babadan

Latar Belakang
Gunung Merapi memiliki banyak alat monitoring yang terpasang di puncak di lereng bahkan ada yang terpasang di bawah jauh dari gunung merapi kegunaan alat monitoring ini untuk merekam bila terjadi gempa tektonik. Stasiun ini merupakan lokasi pemantauan aktifitas tektonik yang menggunakan koneksi data radio broadband, dipancarkan ke kantor BPPTKG Yogyakarta dengan jaringan internet . 

Dari pemantauan di kantor BPPTKG yang berupa data monitoring yang sebelumnya mengalami banyak kendala yang di karenakan di stasiun Imogiri data seismik mengalami kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan dan perawatan baik yang ada di lapangan di Imogiri agar data dapat berjalan bagus dari lapangan sampai penerima di kantor BPPTKG Yogyakarta .

Maksud danTujuan
Kegiatan ini untuk melakukan perbaikan  perawatan dan penambahan solar panel di Imogiri dan repiter Babadan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah agar data pemantuan aktifitas Gunung Merapi  dapat berjalan normal tidak mengalami banyak kendala gangguan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan perbaikan ini agar data pemantauan Seismik dan data pemantauan lainya dapat berjalan secara baik dan lancar.

Tim Pelaksana
Tim ini beranggotakan Sunarta, Ilham Nurdien dan diketuai oleh Yulianto

Proses kegiatan
Persiapan di lakukan di kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta dan di lanjutkan perjalanan ke lapangan untuk  pengecekan jaringan transmisi data  pengecekan power penggantian bateray,penggantian  satu unit  radio Broad Band yang berada di Imogiri,penggantian Poe dan penggantian kabel ethernet /kabel jaringan dan penggantian  solar panel sebanyak dua unit.

Gambar 1. Penggantian Solar Panel di Stasiun Imogiri 

Gambar 2. Pointing antena di Stasiun Imogiri arah BPPTKG Yogyakarta

Gambar 3. Pengecekan komponen dan kabel Jaringan di Imogiri

Gambar 4. Penggantian Accu sebanyak 2 buah di Imogiri

Gambar 5. Pengecekan Regulator dan kabel komponen power

Gambar 6. Pemasangan Solar Panel di Stasiun Repiter Babadan

Gambar 7. Pemasangan Regulator di Stasiun Repiter Babadan

Pembahasan
Dari hasil monitoring di kantor BPPTKG, data tampilan Seismik mengalami data terputus kadang data masuk kadang ada gangguan di transmisi dari lapangan sampai ke kantar BPPTKG . Dari hasil analisa menunjukkan bahwa stasiun Imogiri perlu pengecekan di lapangan,oleh sebab itu di lakukan perbaikan dan perawatan di Stasiun Imogiriagar data dapat sampai di Yogyakarta tanpa ada gangguan di jaringan datanya.

Dari hasil pengecekan di semua peralatan baik dari sistem power,sistem transmisinya dan antenna broadband di ketahui ada kerusakan di kabel,PoE transmisi dan antenna broadband dan perlu penggantian komponen. Setelah dilakukan penggantian antenna broadband,kabel,PoE dan Switch pengesetan ulang untuk radio di Stasiun Imogiri data bisa diterima di kantor BPPTKG Yogyakarta.

Selain pekerjaan yang  ada di Stasiun Imogiri juga ada penambahan solar panel di Stasiun Babadan untuk menanbah power stasiun repiter karena di Stasiun ini merukan tempat vital untuk jalur data yang berasal dari puncak dan dari lereng Barat Utara dan Timur Laut Gunung Merapi.Setelah ditambah dengan solar panel untuk semua data hingga saat ini semua data berjalan dengan baik dan sempurna tanpa ada kendala di sitem powernya.

Kesimpulan dan Saran
Setelah dilakukan perbaikan dan perawatan transmisi di stasiun Imogiri dan penambahan solar panel di stasiun babadan selesai, semua data - data pemantauan dari lapangan dapat diterima di stasiun penerima di kantor BPPTKG Yogyakarta dengan kualitas yang lebih baik. Dari hasil pemeriksaan dan evaluasi semua  peralatan setelah  diperbaiki, data dari lapangan sampai di ruang monitoring  kantor BPPTKG namun perlu adanya perawatan rutin demi kelancaran data pemantauan tersebut terutama di jaringan dan power yang sering banyak mengalami kendala.